Blogger Widgets

Minggu, 14 Agustus 2011

Stoner Tak Terkejar

Setelah sempat merasa kesulitan selama sesi latihan dan kualifikasi di Sirkuit Brno, Casey Stoner justru berhasil meraih kemenangan di race MotoGP Ceska itu. Sejak lap ketiga hingga finis, Stoner terus menjauh dan tak terkejar oleh rival-rivalnya.

Memulai balapan dari posisi ketiga di belakang rekan setimnya, Dani Pedrosa, dan juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo, Stoner tampil meyakinkan dengan melakukan overtaking terhadap Lorenzo di lap ketiga untuk memastikan posisi kedua, dan kemudian otomatis menjadi yang terdepan setelah Dani Pedrosa terjatuh di lap yang sama.

Stoner mulai memperlihatkan dominasinya setelah Lorenzo yang terus berusaha mengejarnya mulai ditempel ketat oleh Andrea Dovizioso. Pada lap kelima Dovizioso berhasil malakukan overtaking terhadap pebalap Yamaha asal Spanyol itu sehingga dua posisi terdepan menjadi milik Repsol Honda.

Sementara Stoner terus menjauhi rival-rivalnya, Dovizioso, Lorenzo, dan Simoncelli bersaing ketat di barisan belakangnya, hingga akhirnya Lorenzo kembali meraih posisi kedua pada menit kedelapan.

Sayangnya, posisi kedua tak begitu lama dimiliki Lorenzo. Pada lap ke-12, Dovizioso kembali mendahului pebalap Yamaha tersebut yang langsung diikuti pula oleh Simoncelli. Posisi tiga besar pun resmi menjadi milik para penunggang Honda sejak saat itu.

Sementara posisi lima besar tak berubah sejak lap ke-13, persaingan juga terjadi di urutan enam dan tujuh, di mana Alvaro Bautista dari Suzuki terus menempel ketat pebalap Ducati, Valentino Rossi, yang saat itu tengah berusaha mengejar Ben Spies di posisi kelima.

Sayangnya, Bautista harus pasrah gagal mengejar The Doctor karena pada lap ke-16 ia terjatuh ketika menikung ke kiri. Posisi ketujuh otomatis menjadi milik Nicky Hayden yang terus berkutat dengan Colin Edwards.

Memasuki garis finis, Stoner memastikan diri kembali menang, diikuti rekan setimnya, Dovizioso, dan pebalap Honda Gresini, Marco Simoncelli, yang meraih dua podium tersisa. Dua pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Ben Spies, yang finis di posisi keempat dan kelima harus rela gagal mendapatkan podium. Di belakang dua pebalap Yamaha itu, duo Ducati, Valentino Rossi dan Nicky Hayden, masuk finis secara berurutan.

Kemenangan di Brno ini adalah kemenangan keenam Stoner dari 11 seri yang sudah dilakukan. Bahkan tercatat, Stoner hanya sekali gagal finis dan sisanya selalu meraih podium. Dengan prestasi yang ditorehnya musim ini, pebalap asal Australia itu hingga saat ini sudah mengumpulkan 218 poin, memperbesar keunggulannya atas Lorenzo menjadi 32 poin.

Hasil balapan MotoGP Ceska, Minggu (14/8):

Pos Pebalap Tim Waktu
1. Casey Stoner Honda 43m16.796s
2. Andrea Dovizioso Honda + 6.532s
3. Marco Simoncelli Gresini Honda + 7.792s
4. Jorge Lorenzo Yamaha + 8.513s
5. Ben Spies Yamaha + 10.186s
6. Valentino Rossi Ducati + 12.632s
7. Nicky Hayden Ducati + 23.037s
8. Colin Edwards Tech 3 Yamaha + 24.189s
9. Hiroshi Aoyama Gresini Honda + 25.202s
10. Hector Barbera Aspar Ducati + 36.566s
11. Toni Elias LCR Honda + 36.679s
12. Randy de Puniet Pramac Ducati + 37.109s
13. Loris Capirossi Pramac Ducati + 48.911s

Gagal Finis:

Alvaro Bautista Suzuki 16 lap
Karel Abraham Cardion AB Ducati 12 lap
Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha 6 lap
Dani Pedrosa Honda 2 lap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar