Blogger Widgets

Minggu, 21 Oktober 2012

MOTOGP: Salah Pilih Ban lunak, Lorenzo Nyaris Celaka & Takluk 3,774 detik dari Pedrosa di Sepang

Hujan deras yang mengguyur Sirkuit Sepang saat digelar Moto GP seri ke-16 hari ini, Minggu (21/10/2012) pukul 15:15 WIB, nyaris membuat Jorge Lorenzo terpeleset dan kehilangan poin.



Kejadian itu berlangsung pada lap 12 saat Lorenzo melintasi tikungan ke-15 menjelang trek lurus di depan podium utama tempat garis start dan finish berada.



Motor Lorenzo terlihat oleng, namun beruntung pebalap Yamaha Factory Racing itu mampu menyeimbangkan motornya dengan menggunakan pijakan kaki kiri.



Siaran pers Motogp.com mengungkapkan Tim Yamaha Factory Racing salah perhitungan dalam memilih ban belakang dengan menggunakan ban tipe karet lunak, karena berasumsi balapan akan berlangsung kondisi cuaca cerah dan trek kering.



Salah strategi itu memakan korban Ben Spies yang tergelincir ke luar lintasan pada lap ke-6 dan tidak dapat melanjutkan balapan.



Lorenzo secara sportif mengakui dirinya sangat diuntungan dengan keputusan panitia untuk menghentikan balapan pada lap 13. Secara teknis, Lorenzo mengakui dalam kondisi trek basah dengan ban lunak, motor hanya aman digeber dengan kecepatan maksimal 20 kilometer per jam.



"Dalam kondisi seperti itu, paling aman adalah mengendarai motor dengan kecepatan 20 km/jam. Beruntung balapan dihentikan. Kalau tidak, bisa-bisa saya harus mengakhiri balapan dengan mencium tanah atau mengalami tabrakan," ujar Lorenzo dalam siaran pers Motogp.com.



Dia menambahkan ceritanya akan lain kalau lintasan kering dan cuaca cerah, karena Dani Pedrosa dan Casey Stoner (Repsol Honda) menggunakan ban belakang dengan karet tipe keras.



"Jika kondisi cuaca cerah dan lintasan kering, Dani & Casey akan keteter, namun dalam kondisi lintasan basah mereka benar-benar menikmati pilihan ban tersebut," lanjut Lorenzo.



Yang jelas, Lorenzo lolos dari maut dan sudah puas di posisi podium kedua dengan tambahan 20 poin menjadi 330. Pebalap asal Spanyol itu tak perlu ngotot karena hanya cukup finish di posisi ke-3 dalam dua seri Moto GP 2012 tersisa (Phillips Island & Valencia) untuk menjadi jawara Moto GP 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar