Blogger Widgets

Rabu, 13 November 2013

Jorge Lorenzo di MotoGP 2013



Seri perdana Qatar yang digelar pada malam hari sangat menegangkan. Lorenzo yang start di posisi terdepan langsung melesat meninggalkan rider lain.. sementara itu Pedrosa menyalip Cal utk tempat kedua. Enam lap berlalu ia masih memimpin dengan keunggulan 2,709 detik dari Pedrosa. Diikuti Marquez, Crutchlow, Stefan Bradl dan Rossi. Di lap selanjutnya Rossi naik satu posisi menggeser Bradl. Sebelas lap balapan berjalan dan Lorenzo menjauhkan jarak dengan Pedrosa menjadi sekitar 4 detik. Sementara Pedrosa juga menghadapi perlawanan ketat dari Marquez dan juga Crutchlow. Roissi di posisi kelima diikuti Alvaro Bautista. Di lap ke-16, Marquez berhasil menyalip pedrosa di trek lurus (hahaha kasian Pedrosa, kalah ma yg kecil). Lap 17 Rossi melibas Pedrosa dan di lap berikutnya giliran Marquez yg menjadi sasaran kegilaan Rossi. Namun di lap 19, Marquez yang memang pantang menyerah, menyalip Rossi dan duel seru keduanya terjadi hingga lap terakhir , tapi akhirnya Rossi berhasil mempertahankan posisi dua ( Pedrosa lagi kesel diposisi 4). Hingga Lorenzo yang jauh didepan menyentuh garis finis di posisi pertama, diikuti Rossi dan Marquez.. ( seri pembuka yang sangat menarik, ga sabar nunggu race selanjutnya).



Motogp Austin di Circuit of the Americas, Pedrosa membuat start gemilang. Dia langsung melesat ke depan melewati Marquez. Stefan Bradl sempat naik ke posisi kedua, tapi tak lama kemudian dia disalip Marquez. Di akhir lap pertama, Pedrosa memimpin, disusul Marquez dan Lorenzo. Memasuki lap ketujuh, duo pebalap Repsol Honda mulai menjauhi lawan-lawannya. Marquez bahkan bisa membuat jarak lebih dari dua detik dari Lorenzo. Perubahan posisi pimpinan lomba baru terjadi pada lap ke-13. Marquez menyalip Pedrosa dari dalam dan mengambil alih posisi terdepan. Pedrosa punya kesempatan untuk menyalip Marquez pada lap ke-15. Tapi, Marquez masih mampu mempertahankan posisinya. Mereka berdua tampak unggul makin jauh atas Lorenzo. Di sisa lomba, tak ada perubahan berarti. Meski terus dibayangi Pedrosa, Marquez tetap finis terdepan. Di belakang mereka ada Lorenzo, Crutchlow, Bradl, Rossi, dan Andrea Dovizioso.




Seri Jerez, Spanyol, yang sangat diharapkan menjadi kado terindah tahun ini untuk Jorge menjadi sebuah kekecewaan. Selepas start, keluar tikungan pertama Dani Pedrosa berhasil mencuri posisi terdepan dari Jorge Lorenzo yang berada di posisi ke-2, namun berhasil direbut kembali oleh Lorenzo. Di lap ke-2 giliran Marquez yang berhasil overtake Rossi. Pada lap ini lah banyak pembalap yang terjatuh, sebut saja Hernandez, De Puniet, Iannone dan Bradl. 22 lap tersisa Pedrosa akhirnya berhasil overtake Lorenzo untuk memimpin jalannya race. Sementara Marquez semakin mendekat dan hendak menyalip Lorenzo. Terlihat berkali-kali Marquez sempat sliding dan melebar karena memaksakan untuk menyalip Lorenzo. Namun di lap terakhir Marc Marquez yang sedari tadi mengincar dan memburu Lorenzo akhirnya masuk di tikungan terakhir dan bersenggolan dengan Lorenzo, Lorenzo pun sedikit melebar dan harus rela di posisi ke-3. Pedrosa juara, Marquez ke-2 dan Lorenzo ke-3, Rossi ke-4 dan ternyata Crutchlow menang duel untuk posisi ke-5.




Gp Le Mans, Pranscis, diawali dengan guyuran hujan. Balapan sendiri diawali dengan Marquez dari Posisi 1 disusul Lorenzo dan Dovi di posisi 3, nah ketika race dimulai Dovi langsung melesat di urutan terdepan, disusul Lorenzo dan Pedrosa. Bebrapa lap kemudian Pedrosa menyalip Lorenzo dan menduduki posisi 2. Kemudian Pedrosa kembali menyalip Dovi. Rossi yang ada di urutan ke empat mendekati Lorenzo. Selanjutnya terjadi aksi seru saling aslip antara Pedrosa dan Dovi memperebutkan posisi 1. Dan pada saat bersamaan Rossi menyalip Lorenzo, dan Cruthlow pun juga menyalip Lorenzo beberapa detik sesudahnya. Dan Lorenzo kemudian disalip banyak pembalap termasuk oleh Marquez yang tadinya di urutan 8. Cal menyalip Rossi untuk tempat ke tiga. Lalu beberapa saat kemudian Rossi terjatuh. Pedrosa masih memimpin dengan jarak yang lumayan jauh, sementara itu Cal berusaha merebut tempat ke dua dari Dovi. Akhirnya ketika balapan tersisa lima lap, Cal berhasil menyalip Dovi. Sedangkan Lorenzo ditempat ke tujuh. Marquez sedikit demi sedikit memperkecil jarak dengan Dovi , dan akhirnya merebut tempat ke tiga. Balpanpun akhirnya dimenangi Pedrosa, disusul Crutchlow dan urutan ke 3 Marquez. ( Jorge ada masalah dengan set up motor, karena dia ga punya set up utk wet race. Gpp lha yang penting ga crash.. tetap semangat Jorge)..



Seri kelima di sirkuit Mugello, Italia. Selepas start Pedrosa mampu mengawali lomba dengan baik, tapi di tikungan kedua dia kehilangan posisi terdepan karena disalip Lorenzo ( setelah balapan Jorge meminta maaf kepada Dani karena terlalu memaksakan,, Jorge udah mulai agresif nih ). Sementara itu, Marquez yang start dari posisi keenam bisa menyodok ke urutan ketiga. Tak lama setelah Lorenzo mengambil alih posisi terdepan, Rossi harus mengakhiri balapan karena mengalami kecelakaan. Motornya tersenggol Alvaro Bautista, kehilangan keseimbangan, dan akhirnya menabrak dinding. ( Rider ok ). Hingga lap ketujuh, tak ada perubahan di posisi tiga besar. Lorenzo masih memimpin, diikuti Pedrosa dan Marquez. Cal Crutchlow, Stefan Bradl, dan Andrea Dovizioso ada di belakang mereka. Lap 11 jarak Lorenzo dan Pedrosa semakin dekat, sementara itu Marquez tetap menunggu moment yang pas untuk menyalip Pedrosa. Lorenzo mulai bisa membuat jarak dengan Pedrosa di lap ke-14 dan unggul sekitar satu detik. Sementara itu, Pedrosa disibukkan dengan usahanya mempertahankan posisi kedua dari ancaman Marquez. Lap 17 Lorenzo semakin memperlebar jarak dengan Pedrosa ( Lebih dari 3 detik, lumayan lha..). sedangkan Pedrosa masih disibukkan dengan ancaman dari Marquez. Usaha Marquez akhirnya membuahkan hasil di lap ke-19. Di sebuah tikungan, dia dengan cerdik melewati Pedrosa. Setelah sukses merebut posisi kedua, Marquez selanjutnya membuat jarak dari Pedrosa. Tapi, di lap ke-21, nasib sial menghampirinya. Dia gagal mengendalikan motornya setelah melewati sebuah tikungan dan terjatuh ke gravel (kasian ckckck). Lorenzo akhirnya bisa mempertahankan posisinya sampai garis finis. Pedrosa mendapatkan keuntungan dari jatuhnya Marquez dan menempati urutan kedua. Podium ketiga direbut Crutchlow.




Seri Catalunya, Spanyol (masih menjadi sirkuit favorit ku,, hehe), Lorenzo yang start diposisi ketiga mengambil alih posisi terdepan dari Pedrosa yang memulai pole start dari posisi pertama. Masih lap pertama Alvaro Bautista terjatuh , Valentino Rossi yang berada di sebelah kanan Bautista berhasil selamat dari insiden ini. ( hampir terulang ). Lap ketiga Cal juga terjatuh ( yaaahhhh,, kasian Cal ). Sembilan lap tersisa, persaingan tiga pebalap Spanyol berlanjut. Marquez makin menempel pada Pedrosa, sementara Lorenzo mencoba mempertahankan jarak. Saat balapan tersisa dua putaran, Marquez nyaris kehilangan kesempatan finis. Saat mencoba melewati Pedrosa dia sempat kehilangan kendali atas motornya. Untungnya, dia berhasil bertahan. Lorenzo akhirnya berhasil menyentuh garis finis pertama, diikuti Pedrosa dan Marquez.




Selanjutnya Sirkuit Assen, Belanda.. Pedrosa membuat start yang sangat baik. Dia langsung melewati beberapa pebalap di depannya dan mengambil alih posisi terdepan. Marquez tetap di posisi kedua, sedangkan Rossi naik ke urutan ketiga. Lorenzo yang start dari posisi ke-12 juga mengawali balapan secara luar biasa. Dia perlahan-lahan memperbaiki posisinya dan sudah masuk lima besar di akhir lap kedua dengan mengovertake Bradl. Gak cukup sampai di sini Lorenzo pun langsung mengovertake Crutchlow untuk menempati posisi 4. Memasuki lap kelima, Rossi menyalip Marquez untuk merebut posisi kedua. Di lap berikutnya, pebalap Italia itu kembali membuat manuver cantik untuk melewati Pedrosa. Di lap kedelapan, Rossi masih memimpin lomba. Dia diikuti Pedrosa, Marquez, Lorenzo, Crutchlow, dan Stefan Bradl. Situasi ini tak berubah hingga balapan berjalan sepuluh lap. Race masih 19 lap lagi, Lorenzo terus mengintimidasi Marquez, beberapa kali mepet di tikungan, namun belum juga berhasil. Beberapa saat kemudian Lorenzo menurun ( mungkin karena sambil menahan rasa sakit yang dideritanya pasca operasi, kasian bgt ngeliatnya, ky nya mulai berasa sakit). Bahkan beberapa kali Lorenzo hampir disalip Crutchlow. Dan saat race menyisakan 13 lap lagi Crutchlow menyalip kembali Lorenzo merebut posisi 4. Duel sengit antara Pedrosa dan Marquez terjadi di lap ke-18. Marquez sempat menyalip Pedrosa, tapi Pedrosa kembali merebut posisi kedua. Tak berselang lama, Marquez menyalip lagi rekannya tersebut. Crutchlow tak begitu saja puas dengan posisi ketiga. Dia mencoba untuk melewati Marquez di lap ke-24, tapi belum berhasil. Rossi makin nyaman di posisi terdepan dan unggul 2,8 detik atas Marquez. Crutchlow membuat kesalahan menjelang lap terakhir dan sedikit melebar. Akibatnya, jarak dia dengan Marquez yang sudah sangat dekat menjauh lagi. Hingga balapan selesai, tak ada perubahan yang terjadi. Rossi jadi juara, diikuti Marquez, Crutchlow, Pedrosa, Lorenzo, Bradl, Bautista, Espargaro, Smith, dan Dovizioso. ( sedih bgt di akhir balap, disambut tepuk tangan meriah, pelukan dari semua krunya, Jorge menangis.)


Race di Sachsenring, Jerman terasa membosankan tanpa ada nya pujaan hatiku. Jorge yg mengalami crash lagi di FP2, tidak dapat mengikuti balapan hari ini. Pedrosa yang juga terjatuh, mengikuti Jorge untuk tidak ikut membalap. Podiumnya Marquez, Cal, dan Rossi.

Laguna Seca, USA , Start awal Bradl melesat memimpin balapan diikuti Rossi, Marquez dan Lorenzo. Beberapa lap kemudian Lorenzo melebar dan kesempatan tersebut diambil Bautista untuk merangsek kedepan. Rossi di overtake Marquez di tikungan Corckscrew ( overtake itu sama ky waktu Rossi mengovertake Stoner beberapa taun lalu). 21 lap tersisa Pedrosa melewati Lorenzo yang keadaannya semakin menurun ( jadi males nontonnya). Hasil akhirnya Marquez, Bradl dan Rossi.


Indianapolis, Amerika Serikat. Saat start dimulai, Lorenzo langsung melesat menjadi yang terdepan diikuti Pedrosa, Marquez, Smith, dan Cal. 15 lap tersisa Marquez yg terus menekan Lorenzo berhasil merebut posisi pertama. Lap-lap terakhir terjadi duel sengit antara Cal dan Bautista (Seru nih disini,, jadi agak menarik balapannya). Tp kemudian Rossi berhasil melewati Bautista dan Cal untuk tempat ke empat. Dua lap terakhir Pedrosa melewati Lorenzo. Dan akhirnya Marquez memenangi balapan, diikuti Pedrosa dan Lorenzo.



GP Brno Ceko, Selepas start Lorenzo yang start dari posisi kelima, berhasil melakukan awal yang bagus dengan menempati posisi terdepan. Ia sempat menjaga jarak cukup panjang dengan Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang berada di urutan kedua dan ketiga, akhirnya harus battle dengan pemilik nomor 93 tersebut. Berulangkali keduanya saling menyalip, namun dengan motor yang kurang cepat dibanding Honda, Marquez berhasil mengambil posisi pertama. Dua lap jelang berakhirnya balapan, Lorenzo seolah kehabisan tenaga sehingga Dani Pedrosa mampu masuk ke urutan kedua. (posisinya kaya race Indy kemaren, oh iya, Cal terjatuh akhirnya Rossi hanya berjuang melawan Bautista).



Selanjutnya GP Silverstone, Inggris. Lorenzo start mulus dari posisi 2 melesat terdepan dengan menyalip Marquez. Rossi sempat berada di posisi 3 tetapi berturut-turut disalip Bradl dan Pedrosa.Formasi 5 besar saat menyentuh garis finish lap 1 adalah Lorenzo-Marquez-Stefan Bradl (LCR Honda MotoGP)-Pedrosa-Rossi. Lap 18, Marquez berhasil menyalip Lorenzo, sehingga formaso 5 besar menjadi Marquez-Lorenzo-Pedrosa-Rossi-Bautista. Lap 19, Lorenzo berhasil menyalip Marquez, Bautista berahsil menyalip Rossi tetapi Rossi berhasil menyalip lagi. Lap 20 Marquez dan Lorenzo saling salip-menyalip, (tegang banget disini, seru.. Jorge bener2 luar biasa, love you, Jorge) namun Lorenzo berasil memperahankan posisi terdepan hingga finish dengan formasi 5 besar Lorenzo-Marquez-Pedrosa-Rossi-Bautista.




Seri ke-13 di Sirkuit The Misano Adriático, San Marino, Italia. Selepas start Lorenzo yang berada di posisi kedua melesat ke posisi pertama. Saat 23 putaran lagi Marquez berusaha nyalip Pedrosa, namun Marquez melebar, sehingga Rossi menyalip Marquez dan Rossi pun berada di urutan 3 dibelakang Lorenzo dan Pedrosa. Selanjutnya Rossi mulai menekan Pedrosa, sementara Lorenzo meninggalkan Pedrosa dan Rossi. Marquez mengintimidasi Rossi di 17 lap to go, dan saat race tersisa 16 putaran lagi Marquez berhasil menyalip Rossi. Dan Rossi pun tertinggal beberapa detik di belakang. 11 laps to go Marquez menyalip Pedrosa, Lorenzo semakin memperlebar jarak, sedangkan Rossi makin tertinggal di belakang. Selanjutnya Marquez dan Pedrosa saling memperebutkan posisi 2. Berkali-kali Pedrosa berusaha menyalip Marquez, dan saat 7 tersisa, Pedrosa berhasil menyalip Marquez, Namun beberapa saat kemudian Marquez berhasil menyalip kembali. Dan balapan akhirnya dimenangi Lorenzo diikuti Marquez dan Pedrosa.




Kita balik lagi ke Spanyol, di sirkuit Aragon, Pada lap pertama, Lorenzo yang memulai balapan dari posisi kedua memulai start dengan baik dan melewati tikungan pertama dengan mulus untuk mengambil posisi pertama. Marquez menguntit di tempat kedua disusul oleh Pedrosa dan Rossi. Pedrosa yang terus menguntit Marquez akhirnya mampu menyalip di satu tikungan pada lap kelima untuk mengambil posisi kedua. Memasuki lap keenam Pedrosa yang masih berada di posisi kedua tanpa diduga terjatuh dari motornya. (disenggol marq,, heran dilintasan aja main senggol-senggolan, hehe)

Marquez yang berada persis di belakang Pedrosa sempat menghindar dan melebar keluar lintasan. Marquez pun mengisi tempat kedua di belakang Lorenzo. Sedangkan Rossi berada di urutan ketiga.





Berikutnya sirkuit Sepang, Malaysia. Saat start dimulai, Lorenzo yang start di posisi ke-4 begitu sukses melesat keposisi pertama, Pedrosa, Marq dan Rossi menguntit berurutan dibelakang. Beberapa kali duo honda yang dipimpin Pedrosa memangkas jarak dengan Lorenzo. Dan akhirnya Pedrosa sukses overtake Lorenzo, ingin mengikuti jejak rekan setimnya Marquez mencoba menyalip Lorenzo, Namun, usaha Marq gagal lantaran aksi Lorenzo semakin agresif mengamankan posisinya. (ada sedikit senggolan antara Jorge dan Marc). Lorenzo melakukan kesalahan dengan sedikit melebar Marq masuk memanfaatkan hal tersebut namun rupanya Lorenzo ngotot tak mau kalah.. Duel pun tak terhindarkan, Marq memaksa keras menutup celah Lorenzo hingga memaksa Lorenzo hampir keluar lintasan sehingga Marq berhasil menempati posisi ke dua. Baik Pedrosa maupun Marquez semakin menjauh dan memperlebar jaraknya dengan Lorenzo hingga mencapai garis finish. Podium pertama untuk Pedrosa, kedua untuk Marquez dan ketiga untuk Lorenzo.



Aspal baru Phillip Island yang dinilai membuat ban takkan bertahan lama membuat Race Direction memutuskan untuk menerapkan sistem baru, yakni sistem pit stop. Pada putaran ke-9 atau ke-10, pebalap diharuskan mengganti motornya dengan tujuan bisa memiliki ban yang baru. Hal ini juga membuat GP Australia akan menjadi sangat menarik. Sejak start balapan dimulai, Jorge Lorenzo yang berada di depan langsung tancap gas disusul oleh Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Lorenzo hampir saja tersalip oleh Marquez saat akan memasuki lap ke-12, Pedrosa dan beberapa pembalap lainnya memilih masuk pit stop pada lap ke-9. Alhasil, pertarungan tinggal antara Marquez dan Lorenzo. Lap 10 Marquez terlihat goyang, dan belum memutuskan masuk pit stop. Sementara itu, Lorenzo akhirnya memilih masuk pit stop dan mengganti motornya.

Lorenzo beradu dengan Pedrosa di posisi terdepan, sedangkan Marquez tengah memasuki pit stop (lap ke 11). Lorenzo yang kini berada di posisi kedua klasemen sementara, langsung menyalip Marquez yang baru saja keluar dari pit stop. Terisa 7 lap, Lorenzo masih terdepan disusul oleh Pedrosa, Marquez, dan Rossi. Marquez berhasil menyalip Pedrosa, dan Rossi disusul oleh Crutchlow saat balapan menyisakan enam lap lagi. Namun, Marquez harus terkena black flag dari Race Direction di lima lap terakhir karena terlambat untuk masuk pit stop. Bendera hitam ini sendiri artinya diskualifikasi, dan Marquez pun gagal memenangkan balapan di seri ke-16 ini dan harus menunda gelar juara dunia di musim pertamanya ini. (Horee,,, lompat2 sambil tepuk tangan, akhirnya ada harapan untuk Jorge jurdun). Akhirnya, Lorenzo keluar sebagai pemenang disusul Pedrosa di tempat kedua dan Rossi sebagai pembalap yang finis ketiga.



Jalannya balapan di sirkuit Motegi, Jepang. Sejak awal balapan Lorenzo langsung memimpin didepan diikuti oleh Rossi, Marquez dan Dani Pedrosa. Namun Rossi melebar sehingga disalip oleh Marquez dan Pedrosa. Sepuluh lap berlalu, Lorenzo masih mempertahankan posisi terdepan dari kejaran Marquez dan Pedrosa. Selisih waktu Lorenzo dengan Marquez di posisi kedua adalah 0,4 detik. (deg-degan bgt). Di lap ke-14 Lorenzo dan Marquez sangat dekat , Marquez nyaris masuk dari sebelah kanan Lorenzo, tapi Lorenzo mampu menjaga posisinya. Dua lap setelahnya Lorenzo sedikit melebarkan jarak dengan Marquez menjadi 0,54 detik. Satu lap sebelumnya Marquez sedikit melebar sehingga Lorenzo sempat menjauh dari kejaran rivalnya itu. Lorenzo terus melebarkan jarak dari Marquez dari lap ke lap, sementara Marquez terlihat bermain aman demi menjaga posisinya di puncak klasemen.
Hingga akhirnya Lorenzo jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis, disusul Marquez, Pedrosa, Alvaro Bautista dan Stefan Bradl.



Race penentu nih,, sikuit terakhir Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol.. Lorenzo melewati Marquez untuk memimpin lomba waktu start dilakukan disusul Pedrosa, Lorenzo tampak memelankan motornya, tahu bahwa kalau barisan terdepan terlalu jauh dari rombongan kedua, Marquez akan aman dari gangguan. Lap kedua dan ketiga Pedrosa dan Lorenzo saling salip, namun Lorenzo mampu bertahan. (sumpah seru bgt,, bikin tegang aja,, Jorge luar biasa,, hehe) Masuk putaran lima, Marquez masih sangat aman di posisi tiga. Lorenzo dan Pedrosa dua kali nyaris bersenggolan di lap ketujuh yang seru, ketika mereka saling salip Marquez berusaha mendekat. Lap kesembilan terjadi senggolan antara Lorenzo dan Pedrosa yang akhirnya melebar. Insiden itu dimanfaatkan Marquez untuk mencuri posisi pertama., namun lagi-lagi Lorenzo mengambil posisi terdepan. Lima lap terakhir, Marquez yang berada di posisi kedua memberi bermain aman dengan memberi ruang bagi Dani Pedrosa untuk menduduki posisi kedua. Kondisi ini berakhir hingga balapan usai. (Walaupun Jorge menang, tp poin klasmennya masih tertinggal 4 poin dr Marq,, sedih sih Jorge ga Juara Dunia,, tp yah mau gimana lg,, ttp support Jorge aja,, kan masih ada tahun depan dan tahun-tahun berikutnya..)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar