Blogger Widgets

Minggu, 04 Juli 2010

Honda Gagal Ganggu Lorenzo

Catalunya - Sempat memiliki kesempatan di awal balapan, tim Repsol Honda melakukan kesalahan sehingga gagal mengganggu Jorge Lorenzo untuk meraih kemenangan pada balap MotoGP Catalunya.

Kesalahan itu adalah Dani Pedrosa terlalu melebar di awal balapan, dan Andrea Dovizioso terjatuh di pertengahan lomba dalam posisi menekan Lorenzo. Ditambah Casey Stoner yang tampil "apa adanya", Lorenzo tak tertandingi untuk menjadi juara.

Memegang pole, Lorenzo kalah start dari Pedrosa. Akan tetapi pembalap Honda itu gagal menjaga kecepatannya saat membelok di tikungan pertama, melebar terlalu jauh sampai-sampai kembali ke trek di posisi kesembilan.

Pedrosa memang cepat memulihkan kecepatannya dan hanya dalam dua lap ia mampu menyodok lima peringkat alias sudah berada di urutan kelima.

Sementara di depan, tiga pembalap terlibat pertarungan ketat. Lorenzo dikuntit Dovizioso dan Stoner. Di akhir lap kedua di trek lurus memasuki belokan, Dovizioso bahkan berhasil mengalahkan Lorenzo.

Yang disalip tak mau kalah dan mampu membalasnya di putaran berikutnya. Dovizioso masih harus berusaha lebih keras untuk menahan tekanan Lorenzo.

Di lap kelima Stoner melakukan kesalahan dan nyelonong terlalu lebar dan jauh ke luar lintasan. Alhasil berikutnya ia disusul Pedrosa yang sudah masuk di posisi tiga besar di lap ketujuh.

Pembalap Australia itu masih bisa mengalahkan Randy de Puniet di trek lurus untuk mengambil posisi empat besar. Tapi untuk merapat ke Lorenzo dan Dovizioso, mereka tampaknya mulai kesulitan.

Di lap ke-9 seorang pembalap tuan rumah harus gigit jari di depan pendukungnya sendiri. Aleix Espargaro terlalu rendah dalam membelok sehingga motornya rebah dan terseret ke gravel. Espargaro bangun dan berusaha mengangkat motornya, tapi tidak berhasil. Ia out dan tampak begitu kecewa.

Akan tetapi kesialan Espargaro dari Pramac Ducati itu boleh jadi tidak lebih buruk daripada yang dialami Dovizioso di lap 14. Tanpa tekanan dari pembalap di belakangnya, ia terpelanting dari Honda-nya, terlempat ke pinggir lintasan dan langsung out.

Insiden itu membuat Lorenzo terbebas dari satu rivalnya dan mulai lebih leluasa untuk mengamankan dirinya di posisi terdepan. Dan itu terjaga sampai balapan selesai, sementara Pedrosa dan Stoner tertinggal empat detik dari sang juara saat menyentuh garis finish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar