Blogger Widgets

Minggu, 23 Mei 2010

Yamaha 1-2, Lorenzo Perkokoh Posisi Teratas

LE MANS, KOMPAS.com - Yamaha berhasil mewujudkan ambisinya memenangkan MotoGP Perancis, Minggu (23/5/2010) dengan finish 1-2. Jorge Lorenzo tampil sempurna sehingga begitu perkasa selama 28 lap di sirkuit Le Mans.

Pebalap Spanyol itu mengambil alih pimpinan lomba pada lap 11. Sebelumnya, ia dan rekan setimnya valentino Rossi sempat menyuguhkan pertarungan menegangkan, saliung salip-menyalip. Tapi, dengan stamina dan didukung performa Ymaha YZ-M1, Lorenzo menguasai lomba. Dan ini kemenangan keduanya musim ini sekaligus memperkokoh posisi teratas sementara dengan 70 angka.

Sementara Rossi harus puas di urutan kedua. meski sempat memberi perlawanan, namun kondisi fisik yang kurang mendukung, membuat ia harus menyerahkan posisi terdepan pada lap 11.

Persaingan jadi kurang seru dengan jatuhnya Casey Stoner. Padahal, tim sudah menyetel tenaga Desmosedici GP10 yang lembut, namun pebalap Australia itu tampak sedikit mengalami kesulitan.

Posisi ketiga direbut Andrea Dovizioso yang tampil luar biasa hebat. Tinggal dua lap terakhir ia berhasil melibas rekan setimnya Dani Pedrosa. Dan ini naik podium pertamanya musim ini.

Nasib tragis diterima Pedrosa. Pada lap terakhir, ia menikung terlalu melebar, sehingga posisi keempat lepas disambar Nicky Hayden (Ducati).


Jalan Lomba
Start : Rossi melakukan start sempurna, Dani Pedrosa berhasil menggeser Lorenzo. Tapi setengah putaran kembali pebalap Yamaha dapat menyalip Pedrosa.

Pada Lap 2 : Stoner terjatuh, padahal ia menempel rapat di belakang Rossi, Lorenzo dan Pedrosa. Pebalap Australia itu tak melanjutkan lomba.

Pada lap 6 : Lorenzo tampak tidak memaksa diri menyalip rekan setimnya. Beberapa kali di tikungan tertentu, coba memancing agar Rossi membuka ruang.

Pada lap 6 : Pebalap satelit Yamaha Ben Spies terjatuh dan ini untuk kedua kalinya dalam minggu ini. Loris Capirossi (Suzuki) mengalami gangguan pada sistem kelistrikan.

Pada lap 7 : Duo Yamaha susul-menyusul dimulai dari tikungan pertama dan pertarungan dimenangkan Rossi.

Pada lap 11: Lorenzo melibas Rossi di tikungan "chicane" dan meninggalkan rekannya. Sementara jarak Pedrosa dengan Rossi mulai menjauh.

Pada lap 14 :Dovizioso (Honda Repsol) berada di urutan keempat dan meluai mendekati rekan setimnya, Pedrosa. Rookie Marco Simoncelli menunjukkan kemampuannya dengan berada di urutan kedelapan.

Pada lap 16 : Lorenzo kembali mengukir waktu tercepat dan meninggalkan Rossi 3 detik. Sementara Divizioso sudah menempel ketat Pedrosa.

Pada lap 23 :Divizioso coba menekan rekanya, bahkan di tikungan "chicane" sempat menikung secara bersamaan.

Pada lap 27 : Dovizioso berhasil menyalip Pedrosa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar