Blogger Widgets

Selasa, 08 November 2011

Tak Sabar Menatap Era 1.000cc

AKHIR dramatis mewarnai balapan MotoGP musim 2011. Aksi juara dunia Casey Stoner memastikan kemenangan di akhir balapan membuat akhir musim di Valencia jauh dari kata membosankan. Namun, Valencia masih menyimpan hal menarik lain usai balapan.

Satu hal yang patut dinanti adalah uji coba post season yang berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo itu. Uji coba yang berlangsung dalam dua hari mendatang itu berarti sangat penting bagi seluruh tim. Sebab, di musim depan, MotoGP sudah meninggalkan mesin 800cc yang sudah dipakai sejak 2007. mulai musim depan, MotoGP memakai mesin 1.000cc.

Selain Suzuki, seluruh pabrikan sudah melakukan uji coba untuk motor 1.000cc mereka. Suzuki masih berkutat dengan kepastian tampil atau tidak di kompetisi musim depan. Kalau pun ikut, mereka akan menjalani beberapa balapan perdana dengan motor 800cc musim ini.

Dari hasil uji coba motor 1.000cc yang sudah dijalani, Honda memang masih menunjukkan keunggulan. Namun, keunggulannya tak jauh dari para pesaingnya, terutama pesaing terdekatnya musim ini Yamaha. Bahkan, Ducati yang ketinggalan jauh di musim 2011 juga menunjukkan progress yang bagus dari uji coba mereka.

Namun, uji coba kali ini bakal tak lengkap. Yamaha masih belum memastikan siapa yang akan menjadi penguji motor pabrikan dari Yamaha Factory Racing. Penyebabnya, Jorge Lorenzo masih belum turun ke lintasan hingga balapan di Ricardo Tormo, Minggu (6/11).

Motor utama untuk uji coba tampaknya akan diserahkan pada Ben Spies. Sebelumnya, Spies diragukan kondisinya jelang balapan. Tapi, pembalap Amerika Serikat (AS) itu menunjukkan sudah kembali ke performa terbaiknya dengan memberikan pertarungan kompetitif pada Stoner di balapan terakhir.

Spies mengakui sudah tak sabar untuk segera mengendarai motor 1.000cc timnya. Apalagi, dia mengakui sangat cocok dengan motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

"Saat mesin 1.000cc datang, akan terjadi perbedaan yang besar. Saya sangat antusias saat itu terjadi, sebab saya kira gaya membalap saya akan bekerja lebih baik dengan motor 1.000cc," ujar Spies.

Honda sudah cukup menggertak di beberapa kali uji coba. Pabrikan Jepang itu selalu menjadi yang tercepat di uji coba yang berlangsung di Mugello, Italia, Juli lalu serta di Brno, Republik Ceko, Agustus. Stoner pun menunjukkan sudah sangat siap untuk kembali meraih dominasi seperti musim 2011.

"Saya selalu lebih memilih mesin dengan kapasitas mesin besar. Dengan lebih banyak tenaga yang saya rasa lebih nyaman. Saya menunggu untuk memakai 1000cc," ujar Stoner. "Tahun depan akan menyenangkan, saya dan semua kru lebih mengerti Honda. Mungkin akan lebih mudah untuk menemukan set-up," bebernya.

Kubu Ducati tak kalah girang dengan datangnya musim era 1.000cc. Diwakili Nicky Hayden yang hampir pasti jadi penguji di dua hari uji coba post season, dia menganggap tenaga mesin yang lebih besar akan memberikan penyegaran pada MotoGP.

"Saya kira aturan mesin baru dengan 1.000cc akan jauh lebih baik untuk pembalap dan para penggemar," ujar Hayden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar