Blogger Widgets

Jumat, 30 Maret 2012

Lorenzo Beri Indikasi Pensiun di Yamaha

Keinginan Yamaha agar Jorge Lorenzo tetap menunggang motor YZR-M1 setelah musim 2012 ini tampaknya bakal terwujud. Pasalnya, pebalap Spanyol itu merasa bahagia, dan memberikan indikasi yang kuat bakal menghabiskan kariernya bersama pabrik Jepang tersebut.

Bos Yamaha, Lin Jarvis, pernah mengatakan kepada MCN pada akhir musim 2011, bahwa kontrak baru kepada Lorenzo pada tahun ini merupakan hal yang penting. Sebab, hal itu (kontrak baru) menjadi kunci untuk keberhasilan tim di masa mendatang.

Nah, sebagai langkah awal untuk meyakinkan Lorenzo, Yamaha memberikan motor 1.000 cc yang kompetitif. Dengan demikian, juara dunia 2010 tersebut bisa bertarung untuk memperebutkan gelar juara dunia musim 2012, yang menjadi era perdana MotoGP mesin 1.000 cc.

Ternyata, sepanjang uji coba resmi musim dingin, Lorenzo senang dengan performa YZR-M1 baru. Itu diungkapkannya setelah melakoni dua tes yang berlangsung di Sepang, Malaysia.

"Saya ingin tetap bersama Yamaha selama karierku. Saya merasa senang bersama seluruh tim, dan kami seperti sebuah keluarga. Saya tidak tahu jika di pabrik lain saya akan merasakan hal itu.

"Tahun lalu terasa sulit, tetapi tiga tahun sebelumnya kami memenangkan segalanya dan di periode itu kami memiliki motor terbaik. Tetapi tahun lalu kami tak memilikinya, sehingga marilah kita lihat jika tahun ini kami memilikinya kembali.

"Jika kami mendapatkannya, maka saya tidak melihat ada motif besar untuk berubah. Prioritas utama bagiku adalah memiliki motor yang kompetitif. Jika saya melakukan hal lain, maka itu yang kedua. Saya senang meraih kemenangan, sehingga mempunyai sebuah motor pemenang merupakan hal yang sangat penting."

Bukan rahasia jika Lorenzo menjadi incaran beberapa tim. Sebelumnya, mantan juara dunia dua kali kelas 250 cc tersebut sudah menolak tawaran Ducati, tetapi dia digosipkan menjadi incaran tim HRC untuk musim 2013. Tetapi di sisi lain, para pebalap top, termasuk Casey Stoner, Dani Pedrosa, Ben Spies, dan Valentino Rossi, bersiap melakukan negosiasi kontrak baru pada tahun ini.

Pembicaraan antara wakil Lorenzo dan manajemen Yamaha sedang berlangsung, dan bos Lorenzo Wilco Zeelenberg mengatakan bahwa dirinya yakin diskusi bakal sukses. Pria asal Belanda itu mengatakan: "Saya bisa menebak mereka banyak berbicara tentang itu. Saya pikir dia sangat nyaman di Yamaha, tetapi semuanya tergantung pada hasil tahun ini.

"Terlalu dini untuk mengatakannya, tetapi kami berharap dia akan segera menandatangani kontrak baru. Dia bahagia di Yamaha. Dia juara pada tahun 2010, dan dia merupakan salah satu pebalap utama pada 2011, dan merupakan satu-satunya orang yang bisa bersaing dengan Casey. Saya sangat berharap dia akan tetap dengan Yamaha."

Di sisi lain, Yamaha juga harus tetap berhati-hati karena kemungkinan Lorenzo untuk pindah selalu terbuka, seperti yang terjadi pada Valentino Rossi. Dulu, "The Doctor" juga sering menyatakan niat untuk menyelesaikan karier bersama Yamaha, dan manajemen berharap pebalap Italia itu menjadi duta setelah pensiun.

Namun seiring perjalanan waktu, Rossi pindah ke lain "hati". Pebalap berusia 33 tahun itu memutuskan untuk keluar pada akhir musim 2010, dan bergabung dengan Ducati, setelah menandatangani kontrak berdurasi tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar