Blogger Widgets

Senin, 09 April 2012

Lorenzo Juara di Qatar

Juara dunia 2010 dari Spanyol, Jorge Lorenzo, mengendarai Yamaha, tampil sebagai juara pada lomba pembuka MotoGP musim ini di Qatar GP, di bawa sorot lampu, Minggu (8/4), merupakan kemenangan pertamanya pada lomba di padang pasir itu.

Lorenzo mengakhiri lomba di depan duet pembalap Honda, Dani Pedrosa dari Spanyol dan juara dunia Casey Stoner dari Australia, setelah saling dahulu-mendahului pada lomba menegangkan itu.

Pembalap Spanyol itu mengawali lomba dari posisi pole tetapi disalib lawannya, Stoner, setelah tiga putaran, yang sedang mengincar kemenangan kelima kelas MotoGP di Qatar.

Stoner mempertahankan posisinya hingga menjelang akhir lomba sepanjang 22 putaran itu, tetapi lawannya tidak tinggal diam dan ketika lomba tinggal tiga putaran lagi, Lorenzo kembali melejit ke ddepan dan akhir terpaut 0,832 detik dari Pedrosa dan Stoner mengakhiri lomba di urutan ketiga, terpaut hampir tiga detik.

"Saya berusaha keras untuk mendapatkannya dan saya menyerang dan akhirnya menang," kata Lorenzo.

"Kemangan ini saya raih karena saya tidak pernah menyerah. Saya tetap menekan dan mencoba. Casey amat kuat pada awal perlombaan dan ia mencoba membuat jarak," katanya.

"Kami beruntung pada akhir perlombaan. Saya mencoba melewatinya dan saya berhasil. Saya amat berterima kasih kepada Yamaha, karena mereka membuat kemajuan besar musim dingin lalu," katanya.

Stoner mengatakan, jaraknya semakin lebar dengan lawan karena ia mengalami masalah dengan "arm pump", kondisi yang menyebabkan ia harus bekerja keras mengatasi tekanan saat merem sehingga membuat tangannya agak kejang.

"Kami tercepat dalam perlombaan itu, tetapi setelah empat putaran saya mulai merasa ada yang tidak beres pada kendaraan saya. Tangan saya bergetar dan saya memegang rem dengan menggunakan dua jari," kata Stoner yang sempat unggul dua detik.

"Saya tidak dapat menggunakan rem dengan sebenarnya. Tapi kami amat gembira dengan kecepatan kendaraan kami. Saya sudah mencobanya dalam dua minggu sebelumnya dan saya kira kami akan mendapatkan apa yang kami inginkan pada perlombaan berikutnya," katanya.

Lorenzo merupakan pembalap Spanyol ketiga yang menang pada Minggu (8/4) malam.

Maverick Vinales, di atas FTR Honda, memenangi perlombaan Moto3 di depan pembalap dari Italia, Romano Fenati, juga di atas FTR Honda, dan pembalap dari Jerman, Sandro Cortese, di atas KTM.

Rekan senegaranya Marc Marquez, di atas Suter, memenangi perlombaan Moto2 sedangkan peserta lain dari Italia, Andrea Iannone, dari Tim Speed Up, berada di urutan kedua dan pembalap Spanyol Pol Espargaro, dari Tim Kalex, di urutan ketiga.

Putaran kedua perlombaan itu diadakan di Jarez pada 29 April.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar