Blogger Widgets

Sabtu, 29 Oktober 2011

Batal Naik Kelas, Marc Marquez Tetap Isi Grid Moto2 2012

Marc Marquez beserta bos tim Catalunya Caixa, Emilio Alzamora baru saja menggelar konferensi pers di Sirkuit Sepang, Malaysia untuk mengumumkan bahwa dirinya memilih untuk tetap membalap di kelas Moto2 tahun depan dan membela untuk tim yang sama. Tak seperti yang dirumorkan sebelumnya, Marc Marquez dan timnya Catalunya Caixa memberikan pengumumannya hari ini (Kamis, 20 Oktober). Dengan adanya pengumuman ini pula, spekulasi mengenai Marquez yang akan pindah ke MotoGP pada tahun 2012 secara resmi disanggah.

“Saya masih berusia 18 tahun dan punya banyak waktu untuk naik kelas ke MotoGP. Saya sempat berpikir akan pindah ke MotoGP tahun depan tetapi pada akhirnya saya kira lebih baik untuk menggali pengalaman lebih banyak lagi dengan tinggal di Moto2 untuk satu tahun ke depan. Dani Pedrosa berada di kelas 250cc dua tahun, begitu juga Jorge Lorenzo, jadi saya tak harus terburu-buru.” jelas Marquez mengungkapkan alasan nya untuk tetap membalap di Moto2.

Sang bos, Emilio Alzamora mengaku telah menyadari akan prospek gemilang mengenai kepindahan Marquez ke MotoGP tahun 2012, namun keputusan untuk tetap tinggal di Moto2 telah dibuat saat GP Australia di Philip Island lalu.

“Kami telah menjelaskan semua ini pada Marc dan menasihatinya, akan tetapi keputusan akhirnya ada padanya,” jelas Alzamora.

Sebelumnya muncul rumor bahwa tim LCR Honda telah siap menyediakan motor pabrikan RC213V 1000cc untuk Marc Marquez apabila dirinya naik ke kelas MotoGP. Ada juga yang menyatakan bahwa Marquez sebenarnya sangat ingin untuk naik ke kelas MotoGP, namun Honda tak mau membayarnya untuk ditempatkan ke tim LCR Honda dengan menunggangi RC213V, melainkan Honda akan menempatkannya ke tim satelit khusus untuk Marquez seorang.

Nampaknya tahun depan Marc Marquez akan mempergunakan nomor motor #1 seperti yang diinginkan Honda. Tahun ini Marquez mempergunakan nomor motor #93. Hal yang sama mungkin akan terjadi pada Casey Stoner yang kemungkinan besar akan di’sarankan’ atau juga ada yang mengatakan dipaksa secara halus untuk menggunakan nomor motor 1 walaupun nampaknya juara dunia MotoGP 2011 tersebut lebih familiar menggunakan nomor #27.

Saat ini Marc Marquez berada di peringkat kedua klasemen sementara Moto2, hanya tertinggal 3 poin atas rival terdekatnya, Stefan Bradl yang juga akan menetap di kelas Moto2 musim 2012 di bawah naungan tim yang sama seperti saat ini. Talenta Marquez sangat kentara ketika melakoni GP Australia lalu, dimana ia terkena penalti setelah bertabrakan dengan Rattapark Willariot ketika checkered flag telah berkibar pada sesi free practice terakhir yang mengharuskannya memulai balapan Philip Island dari grid paling belakang. Namun, secara fantastis pembalap Spanyol tersebut bisa merangkak naik hingga finish di posisi ketiga. Minggu lalu merupakan pertama kalinya Marc Marquez memimpin klasemen sementara Moto2. Karena pada balapan seri MotoGP Australia lalu ia finish di belakang seteru utamanya, Stefan Bradl maka Bradl kembali memimpin klasemen Moto2 dengan hanya dua seri yang tersisa. Hal ini berarti perebutan gelar juara dunia Moto2 masih terbuka lebar hingga seri pamungkas Valencia yang bertempat di Sirkuit Richardo Tormo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar