Blogger Widgets

Minggu, 02 Oktober 2011

Pedrosa Juara di Balapan Penuh Drama

Motegi - Dani Pedrosa jadi yang terbaik di MotoGP Jepang. Kemenangan pembalap Repsol Honda ini sedikit banyak terbantu oleh sejumlah insiden yang melibatkan rival-rivalnya.

Dalam balapan di Twin Ring Motegi, Minggu (2/10/2011), Pedrosa start dari posisi keempat. Dia mengawali lomba dengan cukup baik, meski cuma bisa merangsek ke posisi ketiga di belakang Casey Stoner dan Andrea Dovizioso.

Tapi, Stoner dan Dovizioso sedang sial. Stoner masuk gravel di tengah balapan sementara Dovi ketahuan melakukan jump start. Dua insiden itu membuat Pedrosa bisa merebut posisi terdepan, yang akhirnya mampu dia pertahankan hingga garis finis.

Stoner akhirnya bisa bangkit dan merebut podium ketiga. Dia finis di belakang Jorge Lorenzo.

Hasil balapan ini memang tak berpengaruh banyak ke klasemen sementara. Stoner tetap di tempat teratas dengan 300 poin, disusul Lorenzo dengan 260 poin, Dovi dengan 196 poin, dan Pedrosa dengan 195 poin.

Balapan selanjutnya akan digelar di Australia, 16 Oktober mendatang.

Jalannya balapan

Stoner langsung melesat selepas start. Dia dikuntit Dovizioso dan Pedrosa.

Tak lama setelah start, Spies dan Rossi terjatuh di tikungan kedua. Spies masih bisa melanjutkan balapan, Rossi out dan harus kembali ke paddock.

Hector Barbera juga mengalami kecelakaan. Kondisinya tampak mengkhawatirkan karena dia ditandu oleh beberapa petugas.

Hingga lap keempat, Stoner masih memimpin lomba. Dia diikuti oleh Dovi, Pedrosa, Lorenzo, dan Simoncelli.

Dari tayangan ulang, Dovi, Cal Crutchlow, dan Simoncelli melakukan jump start. Mereka akan terkena ride-through penalti.

Di sebuah tikungan, Stoner melebar dan sempat terjebak di gravel. Meski masih sanggup meneruskan lomba, dia tercecer ke posisi ketujuh. Balapan kini dipimpin oleh Dovi.

Karena Dovi terkena penalti, dia pun tak lama berada di posisi terdepan. Pada lap keenam, giliran Pedrosa yang memimpin balapan. Dia diikuti Lorenzo, Bautista, Hayden, dan Stoner.

Memasuki lap kesepuluh, Pedrosa masih menjaga jaraknya dengan Lorenzo. Dia unggul 1,4 detik atas rivalnya tersebut.

Sementara itu, Stoner berhasil menyalip Hayden dan merebut posisi keempat. Tak lama kemudian, giliran Bautista yang dilewati oleh Stoner. Kini, sang pemimpin klasemen sudah ada di posisi ketiga. Tapi, jaraknya dengan Lorenzo yang ada di posisi kedua lumayan jauh.

Nasib sial menghampiri Bautista pada lap ke-14. Dia tergelincir dan masuk gravel. Andalan Suzuki ini tak bisa meneruskan balapan.

Dovizioso dan Simoncelli yang tadi terkena penalti kini bersaing memperebutkan posisi keempat. Hingga lap ke-19, Dovi masih ada di depan Simoncelli.

Tapi, Simoncelli tak menyerah begitu saja. Usaha kerasnya akhirnya berbuah manis pada lap ke-23. Dia berhasil melewati Dovi di sebuah tikungan.

Pada akhirnya, Pedrosa tak terkejar hingga garis finis. Dia berhasil menuntaskan balapan di depan Lorenzo dan Stoner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar