Blogger Widgets

Minggu, 15 Juli 2012

Lorenzo Catat Kemenangan Kelima

Pembalap dari tim Yamaha Factory Racing asal Spanyol, jorge Lorenzo berhasil mencatatkan diri sebagai yang tercepat di seri kesembilan Motogp yang di gelar di Mugello, Italia, minggu (15/7).

Di kemenangan yang kelimanya dalam 9 seri motogp yang sudah digelar tersebut, Lorenzo unggul jauh dari rekan senegaranya yang berasal dari tim Repsol Honda, Dani Pedrosa dengan selisih waktu 5.223 detik, Lorenzo bahkan sempat melambaikan tangan kepada penonton di tikungan sebelum garis finish.

Tempat ketiga ditempati oleh pembalap tuan rumah dari tim Satelit Yamaha Tech 3, Andrea Daviasiozo.

Dengan kemenangan ini, juara dunia Motogp 2010 tersebut kokoh di puncak kalsemen pembalap dengan poin 185, selisih 19 poin dengan Dani Pedrosa di posisi kedua yang mengoleksi 166 poin. Posisi ketiga ditempati rekan satu tim Pedrosa, Casey Stoner dengan 140 poin. Di Mugello, Stoner hanya finish di urutan kedelapan.

Kemenangan ini, membuat Lorenzo mencatatkan diri sebagai pembalap yang menjuarai sirkuit Mugello dua tahun berturut-turut. Lorenzo bahkan berhasil memecahakan circuit record yang diciptakannya tahun lalu.

Kali ini Lorenzo mencatatkan waktu 1 menit 48,023 detik ayang mengalahkan rekornta tahun lalu yang tercatat 1 menit 48,402 detik

Lorenzo yang memulai lomba dari posisi kedua langsung tampil agresif sejak balapan dimulai, hasilnya ia berhasil merebut pimpinan balapan dari Pedrosa yang menempati Pole Position sejak tikungan pertama. Posisi Pedrosa bahkan sempat disalip oleh Davisiozo juga pada lap pertama.

Memasuki lap berikutnya, posisi terdepan didominasi oleh 5 pembalap yang bersaing secara ketat, namun perlahan demi perlahan LOrenzo pun semakin melebarkan jaraknya dengan pembalap Pedrosa dan Dovisiozo.

"Sejak awal saya tahu kalau balapan ini akan berlangsung ketat, saya terus mencoba melakukan dorongan terhadap motor saya untuk melebarkan jarak waktu dengan pembalap di belakang saya," ujar Lorenzo usai balapan.

Lorenzo memang terus melebarkan jaraknya dengan Pedrosa di posisi kedua sejak lap kelima, di lap tersebut, ia telah berhasil unggul lebih dari 0,8 detik dari Pedrosa yang disibukkan dengan perebutan tempat kedua antara dirinya, Davisiozo, Stefan Bardl dan Nicky Hayden.

Di lap kesepuluh, Lorenzo bahkan sudah unggul 1,5 detik dari Pedrosa yang juga sudah jauh meninggalkan Davisozo dan Bradl yang masih bersaing ketat memperebutkan tempat ketiga.

Dengan hasil ini, Pedrosa yang menjuarai seri Motogp Jerman seminggu yang lalu mengaku cukup puas dengan posisi kedua.

"Dia (LOrenzo) sangat perkasa saat tikungan pertama, saya bersuaha mengejarnya, tapi saya malah memabuat kesalahan sehingga Davisiozo juga berhasil mendahului saya," ucap Pedrosa yang bersaing ketat dengan Davisiozo hingga lap kelima.

Nasib sial justru dialami oleh rekan satu tim Pedrosa, Casey Stoner. Stoner yang berhail merebut posisi lima saat mendahului Hayden di lap kelima, akhirnya harus puas finish di urutan kedelapan, setelah pada lpa kesepuluh, ia gagal mengendalikan motornya yang menyebabkannya gagal melakukan tikungan dan melaju lurus ke arah gravel.

Walaupun tidak sampai terjatuh, namun posisinya kemudian melorot hingga di posisi kesepuluh ketika kembali ke lapangan balap. Stoner pun harus bersaing ketat hingga lap ke 21 dengan Alvaro Bautista dan Hector Barbera untuk merebut posiis kedelapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar