Blogger Widgets

Senin, 09 Juli 2012

MotoGP Jerman: Casey Stoner Ratapi Kisah Sedih di Hari Minggu

Casey Stoner tak dapat menyembunyikan kekecewaannya setelah gagal menyelesaikan balapan MotoGP Jerman yang digelar di Sirkuit Sachsenring pada Hari Minggu.

Pembalap Repsol Honda yang memulai 30 lap balapan dari pole position tersebut mengamankan posisi kedua di belakang teammatenya Dani Pedrosa pada lap pertama.

Kemudian, Stoner berhasil menyalip Pedrosa di lap berikutnya. Akan tetapi pada lap ke-19 Dani Pedrosa mengambil alih kekuasaan setelah melakukan overtaking sebelum memasuki tikungan pertama.

Pedrosa dapat bertahan di posisi terdepan meskipun Casey Stoner memberikan banyak tekanan. Tetapi, nasib tidak beruntung justru menimpa pembalap asal Australia tersebut.

Casey Stoner berencana untuk mengambil resiko dengan menyalip Pedrosa pada tikungan terakhir (Tikungan 14) di last lap. Namun, usaha untuk bertindak nekat tersebut justru tidak sempat dilakukannya, karena ia terjatuh usai membesut motor RC213V miliknya di tikungan ke-12.

Casey Stoner yang tak terluka setelah mengalami crash tak dapat melanjutkan lomba, walaupun tunggangannya yang terkapar di gravel tak mengalami kerusakan.

Stoner mengaku kalau petugas marshal tidak memberikan bantuan untuk melanjutkan balapan dan meraih sejumlah poin.

Akibat dari insiden tersebut, Casey Stoner melorot di ranking ketiga pada klasemen sementara. Poin yang ia kumpulkan terpaut 20 poin dari pemimpin sementara, Jorge Lorenzo.

Casey Stoner menjelaskan insiden yang merupakan buah dari kesalahannya sendiri tersebut: “Saya sangat kecewa. Saya sudah berencana melakukan “win or bin” (menang atau jatuh) pada tikungan terakhir, bukan malah terjatuh di tikungan yang itu (Tikungan 12). Saya merasa nyaman sepanjang jalannya balapan dan merasa memiliki kecepatan beberapa persekian detik lebih cepat dari Pedrosa.

“Lalu pada lap terakhir, saya melakukan sebuah kesalahan kecil saat hendak menuju tikungan pertama. Saya tahu kalau pada saat itu saya tak dapat menyalip di bawah bukit dimana saya terjatuh. Sebenarnya, saya hanya ingin berbelok agar mendapat line yang bagus untuk menikung pada tikungan terakhir, yang merupakan tikungan yang membuat saya merasa pede kalau saya bisa melakukan overtaking. Tetapi sesegera saya berbelok dengan sedikit ngotot, saya langsung terjatuh dan game over.

“Insiden tersebut mengecewakan tentunya, tetapi bagi saya, yang paling mengecewakan adalah kinerja marshal. Saya sudah melihat mereka menolong banyak pembalap yang berbeda hari ini, tetapi saat saya jatuh dan motor saya tak bermasalah, tiada seorangpun yang menolong saya. Marshal Jerman telah membuat saya kehilangan kesempatan untuk mendapat hasil yang lumayan.”

Walaupun demikian, Casey Stoner tidak mengkhawatirkan defisit poin untuk perebutan gelar juara dunia musim ini, dan pembalap yang bakal pensiun pada akhir tahun 2012 nanti itu menambahkan: “Kami tidak pantas untuk mengambil banyak poin dari Lorenzo di Assen. Tetapi, kejadian yang serupa sudah saya alami di Jerez tahun lalu. Kami hanya harus tetap melangkah ke depan, dan Dani sudah menunjukkan kecepatan lebih yang ia miliki di sini. Dani selalu bisa melaju kencang di sini. Sejujurnya saya pede bisa menyalipnya hari ini. Saya hanya melakukan sebuah kesalahan kecil dan terjatuh.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar