Blogger Widgets

Minggu, 20 Oktober 2013

MotoGP 2013 Phillip Island Australia Race: Lorenzo Juara, Marquez Diusir Dari Trek (Bendera Hitam)

ManiakMotor – Balap dua babak MotoGP. Babak pertama antara 9 sampai 10 lap awal. Babak ke-2 ya sampai finish yang ditentukan pantia di ronde 16 MotoGP 2013 di sirkuit Phillips Island, Asutralia, Ahad 20 Oktober 2013. Dua babak harus ganti motor ini diberlakukan, karena aspal trek yang kejam menggerus kompon karet itam. Pembalap wajib ganti motor diparuh lomba. Tapi rupanya dilanggar Marc Marquez..?

Di lomba dua babak ini kecepatan ganti motor di pit juga penentunya. Ya bisa saja kemampuan motor pegangan dan cadangan. Dan ternyata juga tidak sesuai pengumuman Dorna, kemarin yang katanya 26 lap, tetapi race ini hanya berlangsung 20 lap dan lap 10 wajib masukl pit ganti motor. Aturan 20 lap ini baru keluar usai sesi warm-up tadi pagi.

Lorenzo di babak pertama ini terus memimpin walau secara sporadis dapat gempuran dari Marc Marquez. Pertahanan Lorenzo masih kuat. Bahkan saat Pedrosa sudah masuk pit, keduanya masih panas-panasan dan baru masuk pit di lap berikutnya. Eh ternyata hanya Lorenzo yang masuk dan Marquez terus melaju.

Apakah Marquez akan kena penalti atau tidak? Karena lap 10 wajib masuk pit loh, itu kesepakatan dan sekali lagi wajib, loh? Pertanyaan portal ini soal melanggar masuk pit yang ditentukan bersama, akhirnya muncul bendera hitam. Maksud bendera itu, untuk 'mengusir' Marquez dari trek. Maka ia kehilangan poin di ronde 16 ini.

Tapi belum jelas juga pelanggaran yang sebenarnya. Sebab, ada dua kesalahan yang terlihat dan dikira-kira saja. Pertama soal pelanggaran masuk pit untuk ganti motor menggunakan ban segar dan kedua saat keluar pit line ia langsung ke tengah sirkuit dan belum sepenuhnya cepat, padahal Lorenzo dan Pedrosa sedang 'terbang' dari belakangnya. Nyaris terjadi benturan. Tapi dugaan yang lebih besar ia nggak mematuhi ganti motor.

Dilihat dari sorotan kamera pasukan kru Yamaha diwakili Lin Jarvis dan Honda oleh Shuhei Nakamoto, sedang menghadap para pengatur lomba (race direction). Singkat cerita, sekarang Lorenzo tinggal terpaut 18 poin dari Marquez akibat bendera hitam tadi. Tunggu ulasan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar