Blogger Widgets

Minggu, 17 Oktober 2010

Moto GP Phillip Island- Australia

MotoGP Australia 2010 - Tontonan seru dan mendebarkan MotoGP Australia 2010 usai sudah, dan akhirnya kejuaraan dunia MotoGP Australia 2010 ke-16 di musim ini yang digelar di sirkuit Phillip Island, Australia kebali menempatkan tuan rumah Casey Stoner menjadi jawaranya. Balapan paling seru di MotoGP Australia 2010 terjadi di lap-lap terakhir balapan MotoGP Australia 2010 dimana Casey Stoner berduel keras dengan Jorge Lorenzo, sementara Valentino Rossi bertarung melawan Nicky Hayden, dan Ben Spies berjibaku dengan Marco Simoncelli.

Stoner tampil dominan sejak awal, mencegah Lorenzo untuk mempermanis suksesnya menjadi juara dunia di Sepang minggu lalu. Pembalap tim Ducati itu tampil sebagai pemenang dan ia mengukuhkan dominasinya di kandang sendiri karena selalu memenanginya empat kali berturut-turut. Tambah istimewa, kemarin ia merayakan hari jadinya yang ke-25.

Memegang pole, Stoner mendapat tekanan cukup tinggi dari Lorenzo dan Spies saat start. Namun ia berhasi memasuki tikungan pertama paling dulu, mengalahkan Lorenzo yang memulai lomba dari posisi kedua.

Setelah berada di sana, Stoner terus menggenjot Desmosedici-nya dengan maksimal. Lorenzo, walaupun cukup stabil menguntit dia sampai akhir lomba MotoGP Australia 2010, tidak berhasil menaklukkan Stoner di depan publiknya. Boleh dibilang, momen di tikungan pertama adalah satu-satunya peluang pembalap Yamaha itu untuk mengalahkan Stoner -- tapi itupun tidak berhasil.

Andrea Dovizioso melengkapi derita tim Repsol Honda karena ia hanya bertahan dua lap di lintasan. Ia mengalami masalah pada setir motornya dan masuk garasi. Sebelumnya Honda juga kehilangan Dani Pedrosa yang belum siap tampil setelah mengalami cedera di Sepang minggu lalu.

Hayden bermain cukup apik sejak mengambil posisi ketiga dari Simoncelli di lap ketiga. Rossi, yang buruk saat start, juga mulai naik sejak lap keempat, mendekati Spies dan Simoncelli di urutan keempat.

Balapan mulai "terpecah" tiga sejak putaran keenam. Jika Stoner dan Lorenzo "anteng" di depan, Hayden dan Rossi mulai bertarung memperebutkan posisi ketiga. Di belakang mereka, Spies dan Simoncelli mulai terlibat pertarungan yang ketat.

Rossi kemudian berhasil menyalip Hayden, dan The Doctor giliran yang diburu calon rekan setimnya di Ducati musim depan itu. Keduanya bertarung dalam jarak rapat, seperti juga Spies dan Simoncelli.

Di depan, Stoner mulai mengambil jarak cukup renggang dari Lorenzo di lap 11 dengan selisih tiga setengah detik. Lorenzo pun cukup aman dari kejaran Rossi karena unggul sampai delapan detik dari pembalap yang masih jadi rekannya di tim Fiat Yamaha itu.

Kompetisi tiga "rombongan" itu terus berlangsung sampai memasuki lap-lap terakhir. Yang paling seru adalah ketika Hayden berhasil mengambil Rossi di tikungan di saat balapan tersisa tiga putaran. Klimaksnya adalah tatkala Rossi mampu merebut kembali posisi itu di lap terakhir!

Kedua pembalap itu masih "berdampingan" sampai memasuki garis finish, tapi Rossi tercatat unggul hanya dengan 0,038 detik. Jika Hayden gagal menambah koleksi podiumnya menjadi dua di musim ini, Rossi paling tidak tetap mengikuti seremoni di atas mimbar karena finish nomor tiga. Minggu lalu ia menapak ke tangga teratas di Malaysia.

Sementara itu Stoner menambahkan jumlah kemenangannya di musim ini menjadi tiga, setelah di Aragon dan Jepang. Ia juga naik ke peringkat tiga di klasemen sementara, menurunkan Rossi, dan masih berpeluang menjadi runner up musim karena masih ada dua seri di Estoril dan Valencia.

Hasil MotoGP Australia 2010:
1. Casey Stoner Ducati Marlboro Team 41:09.128
2. Jorge Lorenzo Yamaha Factory +08.626
3. Valentino Rossi Yamaha Factory +15.025
4. Nicky Hayden Ducati Marlboro Team +18.063
5. Ben Spies Yamaha Tech 3 +22.239
6. Marco Simoncelli Honda Gresini +25.045
7. Colin Edwards Yamaha Tech 3 +35.196
8. Marco Melandri Honda Gresini +46.222
9. Aleix Espargaro Ducati Pramac +46.322
10. Randy de Puniet Honda LCR +59.663
11. Alvaro Bautista Suzuki MotoGP +59.692
12. Mika Kallio Ducati Pramac +59.760
13. Hiroshi Aoyama Honda Interwetten +01:05.057
14. Hector Barbera Ducati Aspar +01:05.081
15. Andrea Dovizioso Honda HRC DNF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar