Blogger Widgets

Selasa, 02 Juli 2013

Kronologis Kamis s.d Sabtu Jorge Lorenzo & perjuangannya di Assen

Copas dr Twitter @JL99Land


Kamis, 27 Juni 2013. Turn 13 Jorge crash hebat di atas kecepatan 200km/jam di Assen, Sirkuit favoritnya. Sejauh 25 kaki dari tempat Jorge crash, photografer terus memotretnya, memotret kesakitan Jorge saat masuk ke ambulan yg membawanya.

Tim Yamaha masih tenang, Capirossi bilang "Hanya patah tulang selangka". WT* "HANYA???" Memang pensiunan MotoGP ini gila -_- (bukan kata aku)

Dr.Xavier Mir, jurnalis, tim, Jorge tiba di RS. Ia (Jorge) menangis di RS. Menangis karena MARAH! BKN krn Sakit, BKN krn keretakan tulang.

Albert Valera (Manager JL) hanya gelisah mmikirkan gmn utk menemukan ahli bedah trbaik dgn cepat, supaya bisa mngoperasi Jorge. Lin Jarvis tidak pernah meninggalkan Albert & Hector. Ketenangn tiga eksekutif ini kontras dgn kegelisahan media+fans, gelisah utk tau gmn keadaanya?

Jorge di RS sirkuit pasca crash sempat berteriak "Saya ingin dioperasi segera, saya harus ke ruang operasi".
Jorge : "Ini msh 2 hari sebelum balap". Ia minta Albert utk cepat bertindak supaya bisa cepat dioperasi. Race di hari Sabtu itu mungkin.

Dr. Xavier "Selangka Jorge rusak lagi, selangka kiri. Tulang itu memang sudah tidak dalam bentuk aslinya. Kita harus buat implan khusus utk mmperbaikinya."

Albert bikin ksepakatan dgn Dr.Mir utk mengoperasi Jorge di Belanda, Dr. Xavier Mir menelefon utk mencari ruang operasi di Gronigen....(Gronigen- sebuah tempat di Belanda). Dokter di sirkuit setuju utk menyingkirkan cedera internal yg lebih luas.
Groningen dipilih krn pralatan & ada dokter spesialis yg akan mlakukannya dgn Dr.Xavier Mir. Jorge kliatan trsenyum krn akan dioperasi.

Tp Nasib buruk terjadi!!Argh! Tak ada ruang operasi yg trsedia, Jorge ga nyerah. "Cari pesawat kecil, kita trbang ke Barcelona" !
Kamis malam, Dorna kasih solusi, mereka punya jet pribadi yg dipakai selama Grandprix yg bisa dibawa ke Barcelona.
Kepala Jorge udah mendidih, pengen banget balap, PENGEN.. PENGEN BANGET!!! Apa pun pokoknya harus operasi skrg balap Sabtu!

Terbang ke Barcelona malam, jalani operasi, terus balik ke Assen pagi harinya? Itu ga mungkin.. Kata Dr.Mir
Dr.Mir ga bisa ikut ke Barcelona krn bertanggung jawab besar di Assen.

Kamis, jam 9 malam Lorenzo di Groningen Airport dgn Albert, Hector, Dr.Michele Zasa + Wilco & 1 org lg (ga disebut).

Kamis, 11.30 malam tiba di rumah sakit umum Catalunya. Dr. Mir menemukan lagi tidak ada operasi di Rumah Sakit itu.
Dokter di Barcelona saat itu Dr.Joaquin Rodriguez diasisteni Dr.Anna Carreras, Dr.Marcos Cribs dan Dr Zasa.

Sebelum ia dibius, kata-kata terakhirnya "Apa pesawatnya udah siap untuk besok?" --> SUMPAH YA INI BENER-BENER NEKAT ATAU APA ??

Jumat dinihari, Operasi berlangsung 2 jam berakhir sekitar jam 4 subuh waktu Barcelona .
Wilco sempet becanda. "Ini di Belanda, Kita akan plesterin lukanya dan ayo balap!" o_o.. ha ha *belaga cuma luka baret jatoh main bola :P

"Operasinya ga mudah,diagnosis pertama kami patah tulang yg rapi, tp stlh dibuka kmi lihat ada bbrp serpihan.Lebih rumit" kata Dokter.

Pas kebangun dari Anestesi. Reaksi prtama Jorge baik, sangat kelelahan. Dia bilang "Kita akan ke Assen"

Jumat, 3 sore pesawat dr Barcelona ke Groningen. Jorge bayar semua sendiri, jet pribadi + rumah sakit(20%) dr kantong sendiri.

Dr. Joaquin Rodriguez janji, kalo Jorge percaya diri, tidak ceroboh & tidak hujan di Assen boleh coba tes medis utk WU.

Jumat, jam 6 sore Jorge sdh datang ke Assen lagi. Ia sangat kelelahan. Jorge beristirahat full di motorhomenya. Sebelum tidur ia berlatih pushups demi bisa race Sabtu nya.

Sabtu, jam 8.30 Jorge punya janji utk pemeriksaan kesehatan. Akan menentukan dia bisa ikut WU atau tdk.
Peraturan medis sirkuit itu bukan ditentukan dokter, motogp, clinica mobile/siapapun yg bisa menjamin seorang pebalap tampil. Hanya dokter sirkuit yg bertanggung jawab akan keselamatan/kesehatan pebalap hingga bisa tampil.

FlasBack2011 dulu day1 Edrward pernah operasi collarbone sama Dr.Mir, ingin balap Minggu. Sayang tidak lolos. Edward diperintahkan pushup 20 kali di kantor Dr.Mir dan dia tidak sanggup. Akhirnya Dr. Mir minta dy istirahat full.

Dokter : "Jorge, Jika kamu bisa melewati tes medis, kamu boleh ikut beberapa lap di WU atau tunggu beberapa jam untuk race.."

Semua media membahasnya, berita paling hangat seantero MOTOGP. Cedera- WU- 11 laps-ke8. Jorge tercepat ke-8 saat WU dan berjuang keras untuk bisa Balap Assen, targetnya dapet 5 poin.

Dan yg Jorge dapatkan posisi 5, 11 poin, hnya beda 9 angka dr Dani Pedrosa yg tidak bisa memaksimalkan kesempatan ini.
Selesai race Jorge sangat terharu, disambut tepuk tangan meriah, pelukan dari semua krunya.

Diluar box terlihat Ricky Cardus, suasana makin haru biru..BANGGA.. BANGGA bisa finish ke-5 dalam 3 hari yg sangat sulit.

Kabar terbaru, Kemarin Senin sore Jorge periksa plat titaniumnya di RS Umum Catalunya.
"Upaya fisik setelah GP Belanda kelihatanya berdampak, Xray mmperlihatkan perbaikan selangka yg tidak akan menghalangi Jorge utk bisa race di Jerman"
Dokter : "Saat ini Lorenzo sedang beristirahat untuk pemulihan area area yang terluka".

Mari doakan Jorge Lorenzo ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar